Pages

Keistimewaan Angka Tujuh


Allah telah memulaikan sebagian rasulnya atas rasul-rasul yang lain, bagaimana Allah memilih rasul-Nya dalam ulul azmi di antara rasul-rasul lainnya. Allah juga telah mengistimewakan sebagian malam yaitu Lailatul Qadar atas malam-malam lainnya. Begitupun Allah telah memuliakan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan-Nya. Selain itu Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqsa telah dimuliakan Allah dibanding masjid-masjid lainnya, tempat-tempat lain seperti Mekah.
Dalam Al Qur’an Allah juga telah memilih surah pembuka (baca: Al-Fatihah) di antara surah-surah lainnya sebagai surah yang paling mulia. Surah Al-Ikhlas sebanding dengan sepertiga Al-Qur’an dan ayat kursi merupakan ayat yang paling mulia.
Bagaimana dengan angka dalam Al-Qur’an? Apa keistimewaannya dibanding dengan angka yang lain? Sudah tidak diragukan lagi bahwa angka yang memiliki keistimewaan setelah satu ialah TUJUH. Akan tetapi, apa rahasia dari angka ini? Kenapa sering disebut di sejumlah peristiwa yang berkaitan dengan Al-Qur’an …
1.       Allah memilih angka tujuh dalam penciptaan lapisan langit dan bumi yang berjumlah tujuh lapis.
2.       Atom yang dianggap sebagai dasar pembentuk alam tersusun dari tujuh tingkatan elektron dan tidak mungkin lebih dari itu.
3.       Jumlah hari dalam satu pekan yang berjumlah tujuh.
4.       Jumlah warna pelangi sebanyak tujuh.
5.       Rasulullah banyak menyebutkan angka tujuh dalam beberapa haditsnya.
6.       Kita diperintah sujud dengan tujuh tulang.
7.       Seorang mukmin bertawaf di sekeliling Baitullah sebanyak tujuh putaran, melakukan sa’I antara shafa dan marwa sebanyak tujuh kali juga, serta melempar jumrah dengan tujuh kali.
8.       Kata kiamat dalam Al-qur’an disebutkan sebanyak 70 kali. Kata jahannam disebutkan dalam Al-Qur’an sebanyak 77 kali
9.       Jahannam memiliki tujuh pintu.
10.   Dalam Al-Qur’an terdapat tujuh surah yang diawali dengan kalimat tasbih.
11.   Angka tujuh digunakan Allah dalam perumpamaan dalam sedekah.
12.   Terdapat tujuh ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang penciptaan langit. (QS. Al-A’raf: 54; QS Yunus: 3; QS Hud: 7; Al-Furqan: 59; As-Sajadah: 4; QS Qaf: 38; dan QS Al HAdid: 4)
13.   Dan masih banyak lagi keistimewaan angka ini dalam Al-Qur’an
Maha suci Allah yang telah menciptakan langit dan bumi serta seluruh isinya.

0 komentar:

Posting Komentar