Pages

SEKILAS TENTANG FK2PI


Taman kehidupan akan dihiasi oleh kebahagiaan dan kesedihan yang tidak akan terpisahkan. Kenikmatan dan musibah seperti dua sisi mata uang, namun setiap darinya mengandung sejuta makna yang sulit untuk ditafsirkan. Begitulah kehidupan, tapi tak dipungkiri bahwa setiap insan mendambakan kebahagiaan di setiap lembaran harinya, untuk itulah dienul Islam ini diturunkan untuk membawa manusia pada jalan kebenaran baik di dunia maupun akhirat.
Pada perkembangan roda kehidupan selanjutnya sebagian manusia lupa akan hakikat penciptaannya untuk menghambakan diri pada satu-satunya sembahan, Allah Subhanahu wa ta’ala, maka jalan da’wah ialah jalan yang harus dipilih untuk mengembalikan fitrah itu, dan tak dipungkiri bahwa pemuda ialah harapan dalam perjuangan ini. Ibarat matahari di terik siang, maka begitulah pemuda dengan segala potensi menjadi tolak punggung penerus perjuangan da’watu ilallah. Namun air mata ini tak terbendung ketika melihat kondisi pemuda kita yang kian terlena akan kesenangan duniawi yang sifatnya hanya sementara, jauh dari aqidah islamiyah, dan akhlak yang bobrok.­­
Berangkat dengan penuh kesadaran akan kondisi pemuda yang sangat memprihatinkan, maka dibentuklah Forum Komunikasi Kajian Islam (FK2I) pada tahun 1423 H/2003 M dengan visi mengembangkan da’wah sekolah di atas manhaj Ahlussunnah wal jama’ah. Seiring dengan perkembangannya, di tahun 1425 H/2005 M FK2I kemudian berganti nama menjadi Forum Komunikasi Kajian Pelajar Islam (FK2PI) dengan memusatkan kegiatan dan kerjanya pada da’wah sekolah dan tarbiyah pelajar serta sebagai pusat komunikasi bagi aktifis rohis (kerohanian islam) yang berada di sma-sma se-makassar. Sebagai lembaga independen terus mengembangkan sayap da’wahnya yang hingga kini memiliki tiga departemen dan dua biro di antaranya,
Departemen Da’wah
   Departemen ini merupakan bagian dari FK2PI yang orientasinya pada kegiatan-kegiatan da’wah dan mengontrol kajian-kajian di setiap rohis binaan. Ada beberapa program kerja dari departemen ini seperti Seminar Pelajar Islam, Tarbiyah Gabungan, Temu Aktivis Rohis, de el el…
Departemen Kaderisasi
   Departemen kaderisasi merupakan departemen yang berperan penting dalam pembentukan dan pemantapan kader-kader da’wah. Kegiatannya mengatur pola sistem pengkaderan internal pengurus maupun dalam rohis-rohis binaan. Beberapa program kerja departemen ini seperti Pelatihan Manajemen Rohis, Pendataan kader serta pengontrolan kajian rohis.
Departemen Humas
Departemen ini  berfungsi sebagai perpanjangan tangan lembaga kepada rohis-sohis, khususnya binaan, untuk melakukan pendataan maupun pembinaan. Departemen ini juga melakukan event bagi kader-kader rohis seperti Liga FK2PI.
Biro Rumah Tangga Forum
Biro yang sering kami sebut BRTF ini mengatur dan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan lembaga dalam melaksanakan kerja da’wahnya seperti Sekretariat dan kelengkapannya.
Biro Pengembangan Media dan Usaha
BPMU merupakan biro yang memegang peranan dalam menyiarkan kegiatan dan program kerja kepada kader-kader secara khusus dan masyarakat umum melalui media seperti buletin da’wah, blog, serta melakukan usaha-usaha untuk mendukung kerja da’wah ini.

0 komentar:

Posting Komentar